·
Pemrograman
Program
ialah salah satu bagian
penting pada komputer yang berupa kumpulan intruksi/perintah dengan menggunakan
bahasa.
Programmer ialah sebutan
untuk orang yang membuat program.
Programming
ialah suatu aktivitas ketika pembuatan program.
Dalam
konteks pemrograman ada 4 bahasa perograman seperti : Pascal, C, C++ dan BASIC.
Secara garis besar, bahasa-bahasa pemrograman dapat dikelompokan menjadi :
1. Bahasa
beraras-tinggi
Bahasa
beraras-tinggi
adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada bahasa manusia, biasanya
menggunakan bahasa Inggris misal : IF menyatakan “jika” dan AND menyatakan “dan”.
2. Bahasa
beraras-rendah
Bahasa beraras-rendah adalah bahasa
pemrograman yang berorientasi kepada mesin. Menggunakan kode biner(hanya
mengenal kode 0 dan 1).
·
Sistem Informasi
Sistem
informasi mencakup sejumlah komponen (manusia, komputer, teknologi informasi
dan prosedur kerja) dan ada sesuatu yang diproses (data menjadi informasi) dalam
slaka/jumlah besar dengan guna mencapai suatu sasaran/tujuan.
Kelebihan
utama sistem informasi antara alin :
1. Menyediakan komunikasi yang murah,
akurat dan cepat.
2. Menyimpan informasi dalam jumlah besar, dalam
ruang kecil dan mudah diakses.
3. Melaksanakan komputasi numerik,
berukuran besar dan dengan
kecepatan tinggi.
4. Memungkinkan pengaksesan informasi banyak di
seluruh dunia dengan cepat.
5. Meningkatkan efektivitas dan
efisiensi orang-orang yang bekerja dilokasi yang berbeda.
·
Kecerdasan Buatan
Keceerdasan buatan atau juga disebut Artificial Intelligence(AI)
adalah salah satu
bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin(komputer)
dapat melakukan pekerjaan seperti sebaik yang dilakukan oleh manusia atau bahkan
bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia. Untuk membuat aplikasi
kecerdasan buatan ada 2 bagian utama yang sangat dibutuhkan yaitu :
1. Basis Pengetahuan(Knowledge Base)
Bersifat fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan
antar satu dengan yang lainnya.
2. Motor Inferensi(Inferensi Engine)
Kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengetahuan
dan pengalaman.
Metode-metodenya
:
1. Sistem pakar
2. Pertimbangan berdasar kasus
3. Jaringan bayesia
4. AI berdasar tingkah laku
· Jaringan Komputer (Networking)
jringan komputer adalah jaringan yang digunakan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. pada setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan.
berdasarkan topoligi jaringan, jaringan dapat di bedakan atas :
jringan komputer adalah jaringan yang digunakan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. pada setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan.
berdasarkan topoligi jaringan, jaringan dapat di bedakan atas :
1. Topologi bus
2. Topologi bintang
3. Topologi cincin
4. Topologi mesh
5. Topologi pohon
6. Topologi linier
Tidak ada komentar:
Posting Komentar